Sejarah Universitas Halmahera
Universitas Halmahera (UNIERA) Tobelo merupakan perguruan tinggi yang bertumbuh kembang melalui suatu proses sejarah dan dimulai dari sebuah Akademi Teologi yang didirikan pada 1 September 1967 di Ternate oleh Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH). Perkuliahan perdana dimulai 28 Januari 1968 dan momen inilah yang kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun lembaga. Awalnya, Akademi Teologi menerima para lulusan SMP atau yang sederajat untuk dididik menjadi tenaga pelayan di lingkungan gereja.

Pada tahun 1985, Akademi Teologi berubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi (STT) GMIH dan tergabung dalam The Assosiation for Theological Education in South East Asia (ATESEA) yang berpusat di Manila Philipina dan Perhimpunan Sekolah-Sekolah Teologi se-Indonesia (PERSETIA) yang berpusat di Jakarta.

Selanjutnya, Sidang Sinode GMIH XXIII tahun 1992 di Daruba-Morotai memutuskan agar STT GMIH dikembangkan menjadi universitas. Menanggapi keputusan tersebut, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Halmahera pada tahun 2006 mulai merancang skenario pengembangan STT GMIH menjadi universitas yang meliputi studi banding, studi kelayakan dan penyusunan draft akhir pengembangan serta pengajuan ijin penyelenggaraan pendidikan tinggi kepada Departemen Pendidikan Nasional RI di Jakarta.

Pergumulan panjang untuk menghadirkan sebuah perguruan tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan akan sumber daya manusia akhirnya terjawab setelah Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 22 September 2008 menerbitkan Surat Keputusan bernomor 200/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Perubahan Bentuk STT GMIH menjadi Universitas Halmahera.

Universitas Halmahera memulai kuliah perdana pada 1 September 2008 sedangkan acara peresmian pembukaan universitas dilaksanakan pada 11 Oktober 2008 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI yang diwakili Koordinator Kopertis Wilayah XII.

Fakultas
Pascasarjana
Magister Teologi Gereja
Magister Pendidikan Agama Kristen
Direktorat
Akademik
Kemahasiswaan
Keuangan
ICT
Unit dan Pusat
LPPM
Perpustakaan
Laboratorium MIPA
Laboratorium Komputer
Penjaminan Mutu
Mahasiswa
Info Admisi (PMB)
Kemahasiswaan
Fasilitas
Jurnal Online
powered by ICT UNIERA